Jumat, 29 November 2013

OBJEK ATAU مفعول به



OBJEK ATAU   مفعول به   


Dalam bahasa Indonesia,contoh objek dalam kalimat seperti : Saya memakan batu,kata batu itu adalah objek.saya duduk di atas kursi. Di atas kursi itu bukan objek,tapi keterangan tempat.Biasanya objek itu langsung setelah kata kerja,tidak terselang oleh kata penghubung (keterangan tempat): di atas,di depan ,ke dll.

Awas jangan tertukar dengan “objek” yang suka mangkal pakai motor..,itu sih ojek ya?
Sebab bila salah maksud jadi jauh artinya

Sekali lagi: Saya meminum jus,objeknya adalah...jus.Benar sekali anda sudah paham.
Ingat objek itu pasti kata benda,bukan kata kerja.
Sekarang kita membuat contoh kalimat yang ada subjek,kata kerja dan objeknya, dari kata-kata di bawah ini :
Kata kerja : ضَرَبَ – يَضْرِبُ = memukul. Kata benda yang akan kita jadikan objek misal : الكَلْبُ = anjing.

Maka contoh kalimat yang akan kita buat :”Saya sedang memukul anjing”,objeknya anjing ya?
Cara menjawab : Saya = انا , sedang memukul untuk انا adalah اَضْرِبُ .(ingat ,lihat kembali cara membuat kata kerja bentuk sedang buat domirnya,pada mataeri kata kerja).الكَلْبُ karena sebagai objek ,maka huruf akhir difathahkan,tidak usah pakai tanwin karena kata tersebut ada ال di depannya,maka kata الكَلْبُ menjadi الكَلْبَ (huruf akhir fathah).Jadi kalimat lengkapnya :
انا اَضْرِبُ الكَلْبَ .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar