Rabu, 04 September 2013

KATA TUNJUK,KATA TANYA DAN KATA GANTI ORANG SEBAGAI SUBJEK

KITA MULAI DARI YANG TERMUDAH DAN YANG SEDERHANA YA?
SEKARANG KITA AKAN MEMPELAJARI KATA TUNJUK DALAM BAHASA ARAB

Kata tunjuk dalam bahasa Indoensia kita kenal ini dan itu.Ini untuk menyatakan dekat,dan ituuntuk menyatakan jauh.
Contoh : Ini adalah buku, itu adalah buku
kalau kalimatnya ini buku,itu sama dengan ini adalah buku,ini sebagai subjek dan buku sebagai predikat.Juga dalam kalimat; itu buku,itu sama dengan itu adalah buku,itu sebagai subjek dan buku sebagai predikat. Subjek dan predikat dalambahasa Arab yang paling mendekati istilahnya adalah  مبتداء dan خبر (mubtada u dan khabar / subjek dan predikat).
hai..sebenarnya kata tunjuk dalam bahasa Arab itu banyak,tapi bgai para pemula paling tidak memahami yang paling dasar dan sering dipakai sehari-hari.

sebalum lebih jauh mempelajarinya,kamu harus mengetahui dulu istilah kata benda dalam bahasa Arab.Kata benda disebut "isim" (اِسْمٌ ). sebagaimana dalam bahasa Indoensia,kata benda itu diantaranya : kursi,kertas,peci dll.Untuk mengetahui apa arti peci,kertas ,kursi dalam bahasa Arab,kamu tinggal beli kamus bahasa Arab,yang berjudul Kamus Indoensia - Arab.Awas,jangan Arab-Indoensia,itu buat yang sudah mahir lho...
kata benda dalam bahasa Arab,ada yang memakai "ta marbuthah (ة )" dan ada yang tidak memakai ta marbuthah.Dari mana tahunya memakai dan tidak ta marbuthah? ya,lihat dikamus.
Misal kata "kursi",di kamus tertulis كُرْسِيٌ ,dari kamus nya kata tsb. tidak ada ة . Sedangkan kata "penggaris" dari kamusnya tertulis "مِسْطَرَةُ ",dari kamusnya ada ة di ujung katanya.
untuk lebih lengkapnya perhatikan bagan di bawah ini:



KATA TUNJUK (اسم الشارة), KEDUDUKAN SEBAGAI SUBJEK PREDIKAT (مبتداء و خبر) TANPA ال

ARTI
CONTOH
PENGGUNAAN
ARTI
KATA TUNJUK
Ini adalah buku
هذا كتابٌ
Kata benda tanpa ة , tunggal
ini
هَذَا
Itu adalah buku
ذلك كتابٌ
Kata benda tanpa ة , tunggal
itu
ذَلِكَ
Ini adalah penggaris
 هذه مسطرةٌ 
Kata benda yang ada ة , tunggal
ini
هَذِهِ
Itu adalah penggaris
تلك مسطرةٌ
Kata benda yang ada ة , tunggal
itu
تِلْكَ

   WAH KALAU BEGITU "ini" dalam bahasa Arabnya : هذا dan  هذه ,sedangkan "itu" dalam bahasa Arab :ذَلِكَ    dan تِلْكَ ,perbedaannya untuk kata benda yang memiliki ة dan tidak.COBA CERMATI BAGAN DI ATAS BAIK-BAIK YA?


nah, kalau kata bendanya memakai alif lam di depannya,otomatis diujungnya jangan pakai tanwin ya?
coab perhatikan kata benda yang memakai kata tunjuk dengan memakai alif lam (ال ) dan tanpa ال ,artinya akan sedikit berbeda.Mohon ini diingat baik-baik ya? 
هَذَا كِتَابٌ ini (adalah ) buku,ini subjek dan buku predikat
هَذَا الكِتَابُ = buku ini, buku ini sebagai subjek.Lebih bagus dilengkapi kalimatnya menjadi buku ini baru (هذا الكتاب جديدٌ). Dan seterusnya
هذه كُرَةٌ  = ini adalah bola
هذه الكُرَةُ      = bola ini
ذلك الكِتَابُ = buku itu
 = penggaris ituتلك المِسْطَرَةُ
Ket : bila tanpa ال dengan  tanwin, artinya ini adalah buku
Bila dengan ال, tanpa tanwin, artinya buku ini


 

KATA TANYA
wah,sekarang kita saatnya mempelajari kalimat tanya dengan menggunakan kata-kata pertanyaan yang dalam bahasa Arabnya disebut اِسْمُ الاِسْتِفْهام (ismu al-iftiham).
 Kata tanya dalam bahasa Arab diantaranya :
Bagaimana = كَيْفَ,  dimana = أَيْنَ, kemana/mau kemana = إِلَى أَيْنَ,  berapa = بِكَمْ / كَمْ, dengan apa = بِمَاذَا , apa = مَا, apakah = هَل/ أَ, kapan = مَتَى, mengapa = لِمَاذَا ,    dll.

PRAKTEK
Nah sekarang kita masukan kata tanya yang pas buat kata benda pada pertemuan di atas.
Contoh : Apa ini? ini buku. Berarti bahasa Arabnya "apa" = مَا ,ini = boleh pilih salah satu, misal هَذا . jadi "apa ini" bahasa Arabnya "مَا هَذا ؟ ". gampangkan?.jawabannya "ini adalah buku",maka bhs Arabnya "هذا كِتابٌ ".Awas jangan yang pake ال kata bendanya,nanti artinya "buku ini",bukan lagi  "ini adalah buku".
Coba kalian cari pertanyaan-pertanyaan yang bisa digunakan untuk membuat pertanyaan menggunakan kata benda/bertanya tentang benda. 



KATA GANTI ORANG SEBAGAI SUBJEK
Dalam bahasa Indonesia yag dimaksud kata ganti orang misalnya,orang ketiga: dia dan mereka,orang yang diajak bicara/orang ke dua contohnya: kamu,kalian.Orang pertama/yang berbicara misalnya: saya / aku dan kami. Itulah yang dimaksud dengan kata ganti orang sebagai subjek. Dalam kalimat contohnya : saya sedang makan sayur. Kata "saya" adalah kata ganti orang pertama,kedudukan dalam kalimatnya sebagai subjek. Paham,kan?
sedangkan dalam bahasa Arab kata " saya" artinya اَنَا . " Kami " artinya نَحْنُ . sedangkan kata "dia", ada dia sabagai laki-laki yang berjumlah seorang,bahasa Arabnya هُوَ ,"dia" seorang perempuan bahasa arabnya هِيَ . dalam bahasa Arab kata "dia" laki-laki dan perempuan dilihat dari jumlahnya ada tiga bagian,yaitu "dia laki-laki seorang",dia laki-laki 2 orang (mereka laki-laki 2 orang) dan dia laki-laki (mereka) 3 atau lebih dari 3 orang.Begitu juga "dia" untuk jenis perempuan sama jumlahnya dengan "dia" laki-laki.Nah untuk jelasnya perhatikan bagan di bawah ini,jangan lupa perhatikan jumlah dan jenis kelaminnya.Perhatikan juga contoh kalimatnya.





artinya
contoh
KATA GANTI
Bahsa Arab
Bahasa Indonesianya
Dia Ahmad
هو  أحمد
هُوَ
Dia lk. 1
Dia Ahmad dan Abdurrahman
هما  أحمد و عبد الرحمن
هُمَا
Dia lk. 2
mereka adalah ahmad dan abdurahman dan muhammad
هم . أحمد و عبد الرحمن و محمد
هُمْ
Mereka lk.≥ 3
Dia adalah Fatimah

هى فطيمة

هِىَ

Dia pr.1


هما ...
هُمَا
Dia pr.2

هن ...

هُنَّ

Mereka pr..≥ 3

Kamu adalah Muhammad
أنت محمد
أَنْتَ
Kamu lk. 1

أنتما ...
أَنْتُمَا
Kamu lk.2

أنتم ...
أَنْتُمْ
Kamu/kalian lk.banyak..≥ 3
kamu adalah Fatimah
أنتِ فاطمة
أَنْتِ
Kamu pr.1

أنتما
أَنْتُمَا
Kamu pr.2

أنتن ...
أَنْتُنَّ
Kamu/kalian pr. banyak..≥ 3

أنا ...
أَنَا
saya
kami adalah orang-orang muslim
نحن مسلمون
نَحْنُ
kami





































KATA KERJA:
untuk mempelajari kata kerja dalam bahasa arab,saya sedikan bagian khusus masih dalam blog ini,yaitu "kata kerja bentuk "sedang" dalam bahasa Arab".selamat belajar




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar